Breaking News

Cara Membangun Toko Online Dengan Agensi E-niaga

Cara Membangun Toko Online Dengan Agensi E-niaga – Jika Anda memutuskan untuk membangun toko online dengan menyewa agen pengembangan e-niaga, itu berarti Anda memiliki banyak pertanyaan di benak Anda sekarang.

Cara Membangun Toko Online Dengan Agensi E-niaga

blackmartdownload – Apa yang akan menjadi prosesnya? Berapa harganya? Agensi dan platform apa yang harus dipilih? Kami telah mengumpulkan pertanyaan paling populer dan menyiapkan jawaban berdasarkan pengalaman kami sendiri. Ayo pergi!

Baiklah, bisnis Anda memutuskan untuk online atau mengubah pengalaman pelanggan yang ada, dan itu sudah terdengar seperti rencana. Untuk membuatnya lebih efektif, kami sarankan Anda menyusun rencana bisnis terperinci dengan pencapaian yang dapat ditindaklanjuti, OKR, dan KPI.

Selanjutnya, cobalah untuk mengevaluasi berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk berinvestasi dalam inisiatif ini. Contoh mendetail tentang cara memperkirakan biaya untuk membangun toko online dijelaskan di akhir artikel ini.

Bagaimana cara memilih dan mempekerjakan pengembang e-niaga?

Tapi sekarang kami akan berbagi dengan Anda 5 tips sederhana, tetapi tidak jelas tentang cara menyewa pengembang atau agen e-niaga.

Jelajahi pekerjaan dan pengalaman mereka sebelumnya

Beberapa orang lebih mengandalkan penilaian dan referensi dari klien sebelumnya, dan ini juga hal penting. Tapi apa yang bisa memberi Anda gambaran nyata dari agensi digital mana pun adalah portofolio proyek dan studi kasus mereka.

Terkadang tidak semua proyek terdaftar di situs web karena perjanjian kerahasiaan (alias NDA), tetapi Anda dapat mengirim permintaan melalui email dan mendapatkan presentasi yang lebih detail.

Baca Juga : Cara Menskalakan SEO Blog Anda pada tahun 2021

Cobalah untuk menemukan pengembang e-niaga yang sudah memiliki pengalaman yang relevan di industri Anda atau bekerja dengan perusahaan dengan ukuran dan model bisnis Anda. Dalam hal ini, proses penyiapan harus berjalan lebih lancar.

Periksa kompatibilitas budaya

Itu adalah poin yang sangat penting bahkan jika mitra teknologi Anda memberikan layanan dari jarak jauh. Anda harus yakin bahwa mereka akan membangun hubungan yang baik dengan tim internal Anda.

Langsung pada beberapa panggilan masuk, ajukan lebih banyak pertanyaan tentang budaya dan operasi internal mereka. Lihatlah etos kerja mereka dan tentukan apakah mereka cocok untuk Anda.

Jangan takut untuk membagikan informasi sensitif apa pun

Untuk membangun toko online yang baik, jelaskan dengan jelas apa yang Anda harapkan dari calon mitra pengembangan e-niaga Anda. Tandatangani perjanjian kerahasiaan ( NDA ) dan jangan ragu untuk mendiskusikan informasi sensitif apa pun tanpa rasa takut.

Semakin baik Anda menggambarkan rencana proyek, hasil yang diinginkan, dan anggaran, semakin baik vendor masa depan Anda dapat memahami ruang lingkup pekerjaan dan sumber daya apa yang harus mereka komit untuk memaksimalkan laba atas investasi Anda dan memberikan pekerjaan yang berkualitas.

Layanan siklus penuh vs agensi e-niaga yang sangat terspesialisasi: apa yang harus dipilih

Biasanya, ada 2 jenis lembaga pengembangan e-commerce: mereka yang mengkhususkan diri dalam satu atau beberapa arah, seperti desain, pengembangan, atau pengujian, dan mereka yang memberikan layanan skala penuh dari analisis bisnis dan konsultasi untuk pemeliharaan pasca-proyek dan mendukung.

Itu tergantung pada tujuannya, tetapi jika Anda ingin membuatnya tetap sederhana, pilih jenis kedua, karena lebih mudah untuk menyelaraskan proses dengan satu tim daripada beberapa. Selain itu, biayanya pasti lebih murah dalam jangka panjang.

Lihat di luar lingkup proyek

Sambil mempertimbangkan pilihan Anda, pikirkan tentang bagaimana lembaga tersebut dapat menambah nilai di luar lingkup proyek.

Sangat sering, agen pengembangan e-niaga bermitra dengan layanan dan merek yang terkait dengan industri, dan hubungan ini dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Misalnya, Grinteq adalah agen pengembangan e-niaga, dan daftar layanan mitra kami mencakup integrasi pembayaran, penggalangan dana, dan pemasaran digital.

Tanyakan saja kepada agen e-niaga potensial Anda nilai atau koneksi tambahan apa yang dapat mereka berikan, sehingga Anda tidak membuang waktu Anda dalam pencarian tanpa henti untuk pakar yang memenuhi syarat dan tepercaya.

Bagaimana proses membangun toko online dengan agen e-commerce?

Setiap agen pengembangan e-niaga khusus mungkin memiliki beberapa perbedaan dalam pendekatan mereka, tetapi proses penyiapan tim akan terlihat seperti berikut ini.

Anda menyiapkan lembar spesifikasi yang jelas dengan detail dan persyaratan proyek

Ini adalah dokumen yang Anda buat setelah tahap perencanaan. Sementara rencana Anda menjelaskan tujuan Anda pada tingkat tinggi, lembar spesifikasi harus sangat rinci dan dengan jelas menguraikan daftar semua fungsi yang ingin Anda lihat dalam solusi akhir Anda

Baca Juga : Cara Menemukan Layanan SEO Yang Tepat Untuk Bisnis Kecil Anda

Kami menyarankan Anda menyewa seorang ahli yang dapat membantu menyusun lembar spesifikasi.

Menginvestasikan uang dalam layanan semacam itu akan memungkinkan proses yang lebih lancar dan lebih cepat serta perkiraan biaya total proyek yang lebih akurat di kemudian hari.

Lebih bijak dari awal!

Jadwalkan panggilan penemuan dengan pengembang e-niaga baru Anda

Panggilan penemuan adalah cara terbaik untuk berkenalan dengan vendor potensial Anda secara langsung, menjawab pertanyaan bisnis Anda, mengatasi masalah apa pun, dan mendiskusikan langkah-langkah di masa mendatang.

Semakin jelas Anda berbicara tentang harapan dan persyaratan Anda di sini, semakin baik gagasan Anda tentang kecocokan vendor.

Bagikan lembar spesifikasi Anda dan tunggu perkiraannya

Jika Anda senang dengan cara vendor menampilkan diri pada panggilan penemuan dan merasa yakin bahwa mereka dapat menambah nilai, kirimkan lembar spesifikasi ( yang Anda buat di langkah 1 ) dan tunggu perkiraan mereka.

Anda mungkin bolak-balik dengan vendor untuk mengklarifikasi beberapa poin, dan itu benar-benar diharapkan.

Akhirnya, Anda akan menerima sejumlah penawaran dari semua vendor sekarang saatnya untuk membandingkannya, mempertimbangkan semua pro dan kontra ( dari sisi kuantitatif dan kualitatif ), dan membuat keputusan tentang vendor mana yang paling sesuai dengan proyek Anda.

Negosiasikan ketentuan perjanjian

Sebelum memulai proses pengembangan, diskusikan semua detail perjanjian Anda SEKALI lagi. Ini akan meminimalkan kemungkinan kesalahan atau kesalahpahaman.

Transparansi adalah kunci kerjasama yang saling menguntungkan

Ambil kesempatan untuk mengurangi total biaya proyek sebagian besar agen e-niaga memiliki ruang gerak dalam tarif mereka atau dapat menawarkan layanan tambahan tanpa biaya tambahan.

Pada tahap ini, Anda juga dapat mendiskusikan langkah-langkah proyek, timeline, dan keteraturan komunikasi dengan tim.

Proses pengembangan dan jaminan kualitas

Biasanya, proses pengembangan e-commerce kustom terdiri dari beberapa tahap: analisis persyaratan dan penilaian kelayakan, desain, dan pengkodean.

Selama tahap ini, Anda akan melakukan panggilan rutin dengan tim untuk mendiskusikan kemajuan proyek, kerentanan, dan perubahan baru.

Tergantung pada kerumitan proyek, proses pengembangan dapat berlangsung rata-rata 2 hingga 8 bulan.
Tetapi jika ada kebutuhan untuk menyesuaikan platform yang dipilih atau mengintegrasikan gateway pembayaran pihak ketiga yang tidak didukung oleh platform, persyaratan pengembangan dapat meningkat.

Setelah itu, penting untuk memeriksa kualitas perangkat lunak dan menemukan cacat atau bug sebelum diterapkan.

Pengujian (Quality Assurance atau QA) membantu untuk berhasil menyelesaikan tugas ini.

Pengujian Penerimaan Pengguna adalah cara ketika Anda memeriksa kegunaan sendiri dan meminta pengembang untuk memperbaiki beberapa hal yang tidak Anda sukai.

Pilih agensi yang menyertakan pengujian dalam paket mereka. Itu bahkan bukan karena pengurangan biaya, tetapi untuk komunikasi yang jelas dan koherensi antara tim pengembangan dan pengujian.

Dukungan pasca proyek dan pemeliharaan lokasi

Ketersediaan dukungan pasca-proyek dan pemeliharaan situs lebih lanjut bergantung pada perjanjian Anda dengan pengembang e-niaga Anda. Persyaratan ini harus disepakati dalam kontrak terlebih dahulu.

Mungkin jumlah jam tetap ketika tim mitra Anda akan tersedia untuk kebutuhan atau dukungan Anda sesuai permintaan dengan tarif per jam yang disepakati bahkan setelah rilis proyek.

Berapa biaya untuk membangun toko online?

Pertanyaan ini sering menjadi batu sandungan selama proses perencanaan. Mari kita coba membaginya menjadi beberapa bagian.

1. Platform e-niaga

Biaya platform e-niaga dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor: ukuran bisnis, volume barang, kemampuan e-niaga yang disediakan oleh solusi.

2. Biaya desain dan pengembangan

Anda dapat memilih apakah akan merancang dan mengembangkan toko Anda sendiri, mengalihdayakan bagian ini ke agensi, atau menggabungkan keunggulan kedua model tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan menyewa agen e-niaga siklus penuh yang menyediakan layanan konsultasi dan desain serta pengembangan perangkat lunak.

Jika Anda ingin memiliki kontrol lebih besar atas proyek, pertimbangkan untuk memperluas departemen teknologi internal Anda dengan tim pengembang e-niaga yang berdedikasi. Opsi ini dapat menghemat banyak waktu dengan menemukan talenta terbaik dan dapat lebih hemat biaya dibandingkan dengan mempertahankan tim besar Anda sendiri.

3. Biaya pemeliharaan situs

Ini biasanya termasuk pemasaran, analitik, biaya manajemen keamanan, alat SEO, dan integrasi. Cobalah untuk memikirkannya terlebih dahulu karena ini juga merupakan bagian besar dari pengeluaran yang sering dilupakan orang selama tahap perencanaan.

4. Biaya transaksi

Biaya pemrosesan pembayaran bergantung pada platform e-niaga yang Anda pilih dan layanan pembayaran. Biaya rata-rata untuk sebagian besar solusi (seperti Pembayaran PayPal, Stripe, Shopify) adalah sekitar 3% + $0,30 per transaksi.

Catatan: Biaya ini tidak termasuk biaya apa pun yang mungkin dibebankan oleh bank Anda.

5. Hosting

Ada 2 jenis: platform e-niaga yang dihosting sendiri dan SaaS. Setiap situs web harus memiliki hosting web sendiri (tempat penyimpanan file Anda) dan nama domain.

Dengan solusi yang dihosting (SaaS), pengembang e-niaga Anda menangani pemeliharaan server, pembaruan, dll., sehingga biaya hosting Anda sudah termasuk dalam harga perangkat lunak Anda. Shopify, BigCommerce, Salesforce Commerce Cloud adalah contoh solusi SaaS.

Atau, Anda dapat memilih solusi yang dihosting sendiri dan menangani penyiapan dan pengelolaan server Anda sendiri atau mencari mitra hosting. Anda harus membeli sertifikat SSL (HTTPS) untuk mengamankan transfer data antara browser pengguna dan situs web jika tidak disertakan oleh penyedia Anda secara default.

Misalnya, Magento dan WooCommerce adalah contoh platform yang dihosting sendiri, artinya Anda tidak akan bergantung pada layanan terpusat apa pun dan bebas memilih layanan hosting Anda. Hal ini memungkinkan mobilitas ekstrim ketika pelanggan Anda meningkat.

Menilai Kelayakan Ide Bisnis Baru Anda

Hanya karena lebih mudah untuk memulai bisnis online tidak berarti tidak ada biaya yang terlibat. Seperti halnya bisnis berbasis fisik, langkah pertama yang harus diambil dengan bisnis online Anda adalah menilai kelayakan ide Anda.

Ide bisnis paling cemerlang bisa gagal jika produk atau jasa Anda tidak memiliki pasar. Bahkan jika Anda telah menemukan solusi untuk masalah yang mengganggu banyak orang, Anda hanya membuang uang jika masalahnya ternyata adalah masalah yang kebanyakan orang tidak cukup peduli untuk menghabiskan waktu atau uang untuk memecahkannya.

Dengan pemikiran ini, Anda perlu mengevaluasi ide Anda. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri:

  • Apakah produk atau layanan Anda memecahkan masalah yang cukup banyak dimiliki pelanggan potensial?
  • Apakah produk atau layanan Anda memberikan solusi hemat biaya untuk masalah itu?
  • Apakah orang bersedia mengeluarkan uang untuk memecahkan masalah?
  • Seberapa mahalkah biaya untuk menjangkau orang-orang yang membutuhkan solusi yang ditawarkan produk atau layanan Anda?

Kembangkan Rencana Bisnis

Setelah Anda tahu ide Anda layak, saatnya untuk menyusun rencana bisnis yang komprehensif. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk mendapatkan dana untuk bisnis Anda, setidaknya tidak pada awalnya, memiliki rencana bisnis itu berharga karena memungkinkan Anda melihat potensi hambatan di jalan dan merencanakan pertumbuhan dan profitabilitas di masa depan.

Pekerjaan yang Anda lakukan pada langkah pertama memberi Anda dasar yang baik untuk mengembangkan rencana bisnis Anda, dan berbagai sumber tersedia secara online untuk membantu Anda menyusun elemen inti dari rencana yang solid.

Rencana yang efektif akan membantu Anda untuk mengidentifikasi pasar Anda lebih jauh, memperjelas tujuan Anda, memberikan peta jalan pemasaran, dan membantu Anda dalam membuat jenis keputusan yang mungkin berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Pilih Nama Bisnis

Memilih nama bisnis Anda adalah langkah penting dalam proses startup. Karena bisnis Anda terutama akan berfungsi secara online, nama pilihan Anda harus tersedia untuk didaftarkan sebagai nama bisnis di negara bagian Anda dan dalam ruang digital.

Ini berarti Anda perlu memeriksa apakah nama yang Anda inginkan tersedia sebagai:

  • Nama bisnis di negara Anda
  • Nama domain
  • Nama pengguna di setiap platform media sosial yang Anda rencanakan untuk digunakan

Jika nama pilihan Anda tidak tersedia sebagai nama domain atau nama pengguna media sosial, pertimbangkan permutasi nama yang berbeda, dan ingat bahwa banyak ekstensi nama domain selain “.com” asli tersedia. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa nama dan nama domain Anda tidak memengaruhi merek dagang terdaftar apa pun.

Tentukan Struktur Bisnis Anda

Struktur bisnis yang Anda pilih akan menentukan persyaratan hukum dan pajak yang harus Anda penuhi. Sebagian besar pemilik usaha kecil memilih dari struktur berikut:

  • Kepemilikan tunggal. Ini adalah bentuk struktur bisnis yang paling sederhana, tetapi kurangnya tanggung jawab terbatas mengimbangi kesederhanaannya.
  • Kemitraan. Meskipun bentuk struktur bisnis ini mungkin menarik bagi Anda jika Anda memulai usaha dengan mitra, tanggung jawab Anda tidak terbatas seperti kepemilikan tunggal.
  • Perseroan Terbatas (LLC). LLC menawarkan tanggung jawab terbatas tanpa kerumitan penggabungan tambahan, menjadikannya salah satu struktur bisnis kecil paling populer.
  • Perusahaan. Seperti LLC, sebuah perusahaan memberikan tanggung jawab terbatas, dan meskipun lebih rumit untuk penyiapan dan pemeliharaannya, ini mungkin merupakan pilihan yang baik tergantung pada keadaan Anda.
  • Itu selalu merupakan ide yang baik untuk berkonsultasi dengan seorang pengacara untuk menentukan struktur bisnis yang sesuai untuk bisnis baru Anda. Karena setiap struktur memiliki persyaratan pajak yang berbeda, Anda mungkin juga ingin berkonsultasi dengan profesional pajak.