Breaking News

Panduan Untuk Membuat Blog Yang Sukses

Panduan Untuk Membuat Blog Yang Sukses – Dalam panduan ini, saya akan membagikan pelajaran tentang membuat, mengembangkan, dan memonetisasi blog yang sukses.

Panduan Untuk Membuat Blog Yang Sukses

blackmartdownload – Seperti kebanyakan panduan blogging, kami akan membahas hal-hal dasar seperti cara memilih topik dan menyiapkan situs web Anda.

Tetapi panduan ini juga melampaui dasar-dasar itu untuk membagikan banyak hal yang saya harap saya ketahui ketika saya memulai, termasuk kebenaran sulit yang tidak akan diberitahukan oleh sebagian besar panduan blogging kepada Anda.

Jangan Memulai Blog untuk Menjadi Kaya

Sebelum kita masuk ke detail pembuatan blog, saya ingin memastikan Anda memiliki harapan yang tepat. Sangat mudah untuk melihat seorang blogger sukses dan berpikir, “Wow, orang itu sangat kaya, saya harus membuat blog sendiri.”

Namun, jika tujuan Anda adalah menjadi kaya, maka memulai sebuah blog bukanlah pendekatan yang harus diambil. Anda jauh lebih baik bekerja dengan pekerjaan tetap, bergaji tinggi, dan menginvestasikan uang Anda dengan cara yang membosankan dan terbukti.

Baca Juga : Tips Copywriting Promo untuk Menarik Pelanggan

“Tapi bagaimana dengan semua blogger jutawan itu? Kenapa aku tidak bisa seperti mereka?” Tentu saja, dimungkinkan untuk menghasilkan banyak uang dari blog. Tetapi untuk setiap blog yang sangat sukses, ada ribuan blog tidak dikenal yang tidak menghasilkan uang sepeser pun (atau bahkan kehilangan uang).

Sekarang, Anda pasti bisa menghasilkan uang dari blog Anda; kami akan menunjukkan caranya dalam panduan ini. Tetapi Anda perlu menyadari dua hal:

  • Menghasilkan uang dari blog membutuhkan banyak kerja keras dan kesabaran.
  • Bahkan ketika Anda berhasil menghasilkan uang dari blog, itu tidak mungkin membuat Anda kaya.

Jadi jangan kehabisan dan berhenti dari pekerjaan Anda karena Anda berencana untuk menjadi kaya sebagai blogger. Dengan waktu dan pendekatan yang tepat, dimungkinkan untuk mendapatkan penghasilan penuh waktu dari sebuah blog. Tapi itu tidak akan terjadi dalam semalam, dan Anda seharusnya tidak mengharapkan blog Anda menjadikan Anda Bill Gates berikutnya.

Cara Memilih Topik untuk Blog Anda

Sekarang setelah saya melunakkan harapan Anda, mari kita bicara tentang memilih topik blog Anda. Ini adalah fase di mana banyak orang terjebak dan membuang banyak waktu.

Percayalah, saya pernah ke sana. Saya tahu seberapa besar tekanan yang Anda rasakan untuk memilih “topik yang sempurna”. Namun, kabar baiknya adalah:

  • Tidak ada topik blog yang “sempurna”.
  • Topik Anda kurang penting dari yang Anda bayangkan.
  • Banyak calon blogger berpikir mereka harus menemukan topik “asli” yang belum pernah ditulis orang lain. Ini menghasilkan berjam-jam pencarian Google, hanya untuk akhirnya merasa kalah karena semua orang telah menulis tentang segalanya.

Untungnya, menjadi orisinal tidak masalah.

Untuk memulai, jika ada blog lain yang sukses tentang suatu topik, itu pertanda baik. Ini berarti bahwa orang-orang peduli tentang hal itu; dalam istilah bisnis, ada pasar untuk ide tersebut.

Sebaliknya, jika tidak ada yang menulis tentang sesuatu, kemungkinan besar akan sulit menghasilkan uang darinya.

Selain itu, orang tidak membaca satu blog di atas yang lain karena topiknya. Orang-orang membaca blog yang terhubung dengan mereka (dan yang ditulis dengan baik, tentu saja). Suara dan perspektif unik Anda akan muncul, apa pun topik yang Anda tulis.

Tetapi bahkan setelah Anda mengatasi tekanan untuk menjadi orisinal, memilih topik masih bisa menjadi tantangan. Berikut adalah beberapa panduan untuk memilih topik blog yang sukses:

Anda Memenuhi Syarat untuk Menulis Tentang Topik

Ini seharusnya tidak perlu dikatakan lagi, tetapi jangan memulai blog tentang sesuatu yang tidak ada urusannya dengan Anda. Misalnya, jika Anda berharap untuk memulai blog tentang memperbaiki mobil tua tetapi tidak pernah memegang kunci pas, Anda mungkin harus memilih yang lain.

Namun di luar contoh nyata seperti itu, apa yang membuat Anda “memenuhi syarat” untuk menulis tentang suatu topik?

Secara umum, Anda hanya perlu tahu lebih banyak tentang topik daripada pembaca Anda. Anda tentu tidak harus menjadi “ahli”, dan tidak apa-apa untuk menulis tentang sesuatu yang Anda pelajari.

Faktanya, banyak artikel di blog ini berasal dari topik yang menarik bagi kami, seperti bagaimana cara mendapatkan tidur yang lebih baik atau cara membuat kartu flash yang lebih baik .

Terakhir, tolong jangan memulai blog tentang topik-topik ini:

  • Kesehatan/kebugaran (kecuali Anda seorang dokter, ahli gizi, pelatih pribadi, atau seseorang yang benar-benar memenuhi syarat)
  • Pemasaran/bisnis online (sudah terlalu banyak)

Topik yang Menarik Bagi Anda

Seperti yang akan saya ulangi di seluruh panduan ini, membuat blog yang sukses membutuhkan waktu. Jadi, Anda perlu memilih topik yang dapat Anda lihat sendiri untuk ditulis selama bertahun – tahun.

Jangan memilih topik hanya karena berpotensi menghasilkan banyak uang atau karena seseorang di internet memberi tahu Anda bahwa itu adalah ide yang bagus.

Topik Berpotensi Menghasilkan Uang

Dengan asumsi Anda ingin menghasilkan uang dari blog Anda, Anda harus memilih topik yang berpotensi menghasilkan uang. Ini berarti sesuatu yang memiliki produk/layanan terkait yang dapat Anda buat atau promosikan (lebih lanjut tentang ini nanti).

Baca Juga : Tips SEO Yang Paling Wajib Kalian Ketahui

Bisa dibilang, Anda bisa menjual sesuatu yang berhubungan dengan topik apa pun, tetapi beberapa akan menjadi perjuangan yang berat. Misalnya, sementara Anda dapat membuat blog tentang gerakan gitar udara terbaik, tidak mungkin ada orang yang mau membayar buku gitar udara atau kursus video (walaupun saya ingin Anda membuktikan bahwa saya salah).

Bagaimana Menamai Blog Anda

Memberi nama apa pun adalah tantangan. Faktanya, ini bisa sangat menantang sehingga bahkan ada seluruh bisnis yang membantu perusahaan menciptakan nama merek .

Saat menamai blog Anda, Anda tidak perlu menyewa bantuan profesional. Namun, Anda perlu melakukan sedikit brainstorming. Nama-nama blog terbaik adalah:

  • Mudah diingat
  • Pendek
  • Relevan dengan topik Anda
  • Tersedia sebagai nama domain

Item terakhir adalah salah satu yang banyak orang lupa. Idealnya, nama blog Anda juga harus nama domainnya. College Info Geek, misalnya, memiliki nama domain collegeinfogeek.com . Hal ini diinginkan karena membuat blog Anda lebih mudah ditemukan, baik untuk pembaca maupun untuk mesin pencari.

Untuk memikirkan nama blog, saya sarankan Anda menggunakan teknik yang disebut pemetaan pikiran. Ambil topik blog Anda, tulis di selembar kertas, dan buat lingkaran di sekelilingnya. Kemudian, mulailah memikirkan kata-kata yang berhubungan dengan topik. Setiap kali Anda memikirkan sebuah kata, tulislah dalam lingkaran yang lebih kecil yang bercabang dari lingkaran yang berisi topik Anda.

Pada akhirnya, Anda akan memiliki sekumpulan kata yang dapat digabungkan dengan berbagai cara untuk membuat nama. Setelah Anda memiliki beberapa nama, Anda dapat melihat apakah nama domain untuk mereka juga tersedia (proses yang akan kita bahas di bagian “Mendapatkan Domain dan Hosting”).

Cara Mengatur Blog Anda dalam 7 Langkah

Sekarang setelah Anda memilih topik, saatnya membuat blog yang sebenarnya. Ini adalah langkah yang paling menakutkan bagi banyak orang, tetapi santai saja.

Selama Anda bisa membaca dan menggunakan internet, Anda sudah memiliki keterampilan yang Anda butuhkan untuk membuat blog. Mengetahui cara membuat kode dapat membantu, tetapi Anda tidak memerlukannya untuk menyiapkan blog Anda.

Dapatkan Domain dan Hosting

Untuk memulai proses ini, pertama-tama Anda akan mendapatkan nama domain dan hosting Anda.

Jika Anda tidak yakin apa ini, berikut penjelasan sederhananya:

  • Nama domain Anda hanyalah URL Anda seperti collegeinfogeek.com.
  • Host Anda adalah server tempat blog Anda akan hidup.
  • Sekarang, ada beberapa cara untuk meng-host situs web. Misalnya, Anda bisa membuat blog gratis di WordPress.com atau Tumblr.

Namun, jika Anda serius ingin membuat blog yang lebih dari sekadar hobi, luangkan sedikit waktu dan uang ekstra untuk membuat blog yang dihosting sendiri. Terlihat jauh lebih profesional dan terpercaya.

Anda juga memiliki kontrol penuh dengan blog yang dihosting sendiri, yang akan Anda hargai saat Anda ingin menyesuaikan sesuatu (atau menyewa pengembang untuk melakukannya).

Dulu Anda harus membeli nama domain Anda secara terpisah dari hosting web Anda. Sekarang, bagaimanapun, Anda bisa mendapatkannya dari tempat yang sama pada waktu yang sama. Membelinya secara terpisah masih merupakan pilihan, tetapi jauh lebih mudah untuk menyatukannya (kenyamanannya dikenakan biaya tambahan sekitar $3).

Catatan untuk dompet Anda: Ini adalah satu-satunya bagian dari proses yang akan menghabiskan uang Anda. Hosting web yang bagus tidak gratis.

Namun, itu juga tidak harus mahal.

Ada banyak pilihan hosting shared hosting, akun VPS, dedicated server, dll.

Namun, saat Anda memulai, saya sarankan untuk mendapatkan paket hosting bersama dasar dari HostGator . (Catatan: Saya akan membuat komisi jika Anda membeli melalui tautan ini, tanpa biaya tambahan untuk Anda.)

Ada banyak sekali web host yang bagus di luar sana, jadi HostGator jelas bukan satu-satunya pilihan Anda. Namun, saya telah menggunakannya selama bertahun-tahun (sejak SMA), dan saya menyukainya.

Beberapa alasan saya terjebak dengan mereka begitu lama:

  • Paket mereka tidak mahal
  • Saya hampir tidak pernah berurusan dengan waktu henti atau masalah
  • Saya suka opsi pemasangan cepat untuk hal-hal seperti WordPress.
  • Dukungan pelanggan mereka luar biasa.
  • Juga, Anda bisa mendapatkan diskon besar.

Ini sebenarnya penghematan 30–40% lebih banyak daripada yang Anda dapatkan dengan kode kupon default yang mereka berikan kepada Anda, jadi pasti gunakan kode ini jika Anda memilih HostGator.

Mulai saat ini, saya akan menganggap Anda menggunakan HostGator, dan bagian selanjutnya dari tutorial akan khusus untuk itu. Tetapi jika Anda memutuskan untuk pergi dengan sesuatu yang lain, proses untuk mendaftar seharusnya tidak jauh berbeda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Sudah Memiliki Paket HostGator

Jika Anda telah membaca panduan situs web pribadi saya dan memiliki paket HostGator, JANGAN membeli yang lain untuk blog Anda!

Jika Anda berencana membangun blog di situs web pribadi, Anda dapat melewati seluruh langkah tentang membeli hosting web dan langsung ke Langkah 7 .

Jika Anda ingin memberikan tampilan dan nuansa yang benar-benar berbeda pada blog Anda dari situs web pribadi Anda tetapi masih memilikinya di domain itu maka Anda harus mengaturnya di subdomain. Baca tutorial ini untuk mempelajari cara mengaturnya.

Jika Anda ingin menempatkan blog Anda di URL yang sama sekali berbeda, maka Anda harus meningkatkan paket hosting Anda ke tingkat berikutnya, yang memungkinkan Anda memiliki banyak domain.

Cara Memilih Nama Domain

Kami sudah membahas cara memilih nama untuk blog Anda, tetapi saya ingin berbicara sedikit tentang cara memilih nama domain. Nama domain Anda adalah “alamat” online untuk blog Anda. Misalnya, nama domain situs ini adalah collegeinfogeek.com .

Idealnya, nama domain Anda akan sama dengan nama blog Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan domain yang cocok dengan nama blog Anda, Anda mungkin ingin menyebut blog Anda dengan nama lain. Selain nama situs web, Anda juga harus memilih ekstensi domain. Ini adalah .com , .net , dll. yang muncul setelah domain Anda.

Saat ini, ada semua jenis ekstensi domain yang tidak biasa di luar sana, termasuk .pizza dan .soy . Namun, saya sarankan untuk tetap menggunakan .com jika Anda bisa (kecuali blog Anda sebenarnya tentang pizza atau kedelai). Jika itu tidak tersedia, .org , .net , atau .co juga merupakan pilihan yang baik.

Oh, dan satu hal terakhir: pastikan nama domain Anda mudah dieja dan diketik. Dengan cara ini, jika Anda memberi tahu seseorang tentang hal itu, mereka dapat dengan mudah mencarinya nanti.

Cara Mendapatkan Paket Hosting dan Nama Domain Anda

Sekarang Anda telah memilih nama blog dan nama domain Anda, kita dapat mulai mendaftarkan sesuatu. Buka HostGator dan klik tombol besar yang bertuliskan “Mulai Sekarang.” (Sekali lagi, saya akan membuat komisi jika Anda membeli melalui tautan ini jika Anda memilih untuk melakukannya, terima kasih!) Anda sekarang akan melihat daftar paket hosting web. Pilih “Rencana Hatchling,” yang cukup untuk membantu Anda memulai di awal.

Jika domain Anda tersedia, itu akan muncul di “Hasil Pencarian”. Jika Anda memilih paket hosting yang bertahan 12 bulan atau lebih, Anda akan dapat mendaftarkan domain secara gratis untuk tahun pertama (dengan asumsi Anda telah memilih domain .com, .net, atau .org).

Tambahkan Perlindungan Privasi Domain

Di bawah hasil pencarian, Anda akan melihat bagian yang disebut “Perlindungan Privasi Domain.” Meskipun ini membutuhkan sedikit biaya tambahan, saya sangat menyarankan untuk menambahkannya ke domain Anda.

Jika tidak, siapa pun dapat mencari nama, alamat, dan nomor telepon yang terkait dengan domain Anda menggunakan Pencarian WHOIS. Ini telah menjadi cara mudah bagi spammer untuk mengirimi Anda semua jenis sampah.

Untuk menambahkan Perlindungan Privasi Domain, pastikan kotak dicentang di sebelah nama domain Anda:

Sekarang, gulir ke bawah dan selesaikan bagian ini:

  • Konfirmasikan bahwa paket Hatchling dipilih, dan pilih berapa bulan hosting yang ingin Anda dapatkan di muka. Saya merekomendasikan setidaknya satu tahun .
  • Pilih nama pengguna dan PIN keamanan .
  • Masukkan informasi pribadi dan penagihan Anda.

Setelah ini, Anda akan melihat bagian yang disebut “Tambahkan Layanan Tambahan.” Meskipun ini tidak berguna, saya tidak berpikir Anda harus membayarnya. Nanti dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan semua hal yang sama secara gratis.